PENGUNDIAN NOMOR URUT PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PASAMAN 2015

Lubuk Sikaping, Selasa (25/8) bertempat di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Jajang Fadli, beserta 3 (tiga) orang komisioner KPU Kabupaten Pasaman dalam rapat pleno terbuka dengan dihadiri Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten Pasaman, unsur Forkompimda Kabupaten Pasaman, pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2015, Ketua partai politik dan/atau gabungan partai politik pengusul pasangan calon (paslon), Ketua Tim Kampanye Paslon tingkat kabupaten dan kecamatan, pimpinan instansi terkait, tokoh masyarakat dan media massa, telah menetapkan nomor urut dan daftar pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Tahun 2015.

Ketetapan tersebut dituangkan dalam keputusan KPU Kabupaten Pasaman nomor 41 Tahun 2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Tahun 2015. Nomor urut paslon dimaksud sebagai berikut :

NO NAMA PASANGAN CALON PARTAI
URUT BUPATI WAKIL BUPATI PENGUSUL
 

1

 

BENNY UTAMA

 

DANIEL

Partai Golkar, PAN, PKB, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, PKS
 

2

 

YUSUF LUBIS

 

ATOS PRATAMA

Partai NasDem dan Partai Demokrat

 

Sebelum rapat pleno terbuka dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan Penyerahan Bahan Kampanye dan Pemasangan APK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Tahun 2015 antara KPU Kabupaten Pasaman dengan paslon, sedangkan Ketua Panwas Kabupaten Pasaman dan Kapolres Pasaman bertindak selaku pihak yang menyaksikan.

pasangan calon

Selanjutnya juga dilakukan penandatanganan MoU antara Polres Pasaman dengan Paslon terkait Ikrar Pilkada Damai. Pada kesempatan tersebut, Kapolres Pasaman mengajak paslon untuk siap menang dan juga siap kalah, keamanan, ketertiban dan kebersamaan selalu dikedepankan.

Sejak acara pembukaan yang diawali MC, suasana di Gedung Syamsiar Thaib maupun yang di luar gedung, terasa tegang, pihak keamanan berjaga-jaga, termasuk satuan polisi pamong praja kabupaten Pasaman, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat jumlah undangan maupun masyarakat yang hadir lebih kurang 200 (dua ratus) orang.

Setelah Jajang Fadli, selaku pimpinan rapat, membuka rapat pleno terbuka dan menyampaikan beberapa penekanan terkait pencalonan, Koodinator Divisi Hukum, Aslamiyah, SH, membacakan tata tertib rapat pleno terbuka.

Setelah pembacaan tata tertib tersebut, Jajang Fadli memandu proses pengundian nomor urut paslon. Masing-masing calon mengambil satu buah bola secara acak (yang di dalamnya terdapat angka 0 s.d. 9) dari dalam wadah transparan, selanjutnya angka dimaksud dijumlahkan sesuai paslon masing-masing. Pada tahap pertama tersebut, Yusuf Lubis – Atos Pratama (YA) mendapatkan jumlah angka 7 (7+0) sedangkan Benny Utama – Daniel (BEDA) memperoleh jumlah angka 11 (9+2). Sehubungan dengan hal tersebut, BEDA memiliki kesempatan pertama mengambil kertas tergulung dalam wadah transparan yang berisi angka 1 dan angka 2.

BEDA, yang diwakili Daniel, mengambil kertas tersebut dan dilanjutkan oleh Atos Pratama. Keduanya membuka kertas secara bersama-sama, BEDA mendapatkan nomor urut 1 dan YA nomor urut 2. Para pendukung masing-masing langsung bersorak dan mengeluarkan poster, pamflet dan sebagainya yang telah disiapkan sesuai nomor urut masing-masing. Suasana yang semua tegang, langsung mencair. Rangkaian acara rapat pleno terbuka diakhiri dengan sesi foto secara bergantian yang dipandu MC.

You may also like...