MENCERDASKAN PEMILIH PEMULA, KPU KABUPATEN PASAMAN LAKSANAKAN KELAS PEMILU

Lubuk Sikaping – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Tahun 2015 telah usai, namun tugas dan tanggungjawab KPU Kabupaten Pasaman dalam mensosialisasikan hal-hal terkait kepemiluan tidak pernah berhenti. Berbagai metode dan strategi sosialisasi terus dilaksanakan jajaran KPU, khususnya dalam memberikan pendidikan bagi pemilih maupun calon pemilih.

Salah satu program dan kegiatan yang saat ini menjadi fokus KPU yakni pendidikan pemilih pemula. KPU Kabupaten Pasaman sebagai salah satu ujung tombak KPU dalam proses pendidikan pemilih pemula tersebut telah menetapkan kegiatan “KPU Kabupaten Pasaman goes to school” dalam bentuk “Kelas Pendidikan Pemilih Pemula”. Siswa kelas XI dilingkungan SLTA se-Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman ditetapkan sebagai sasaran strategis dalam pendidikan pemilih pemula dimaksud. Kegiatan dilaksanakan dalam matapelajaran kewarganegaraan pada kelas masing-masing siswa.

dscf0362

Kelas pendidikan pemilih pemula dimulai Rabu tanggal 16 November 2016 pada Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 5 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Jajang Fadli selaku Ketua KPU Kabupaten Pasaman sekaligus Koordinator Divisi Sosialisasi dan SDM bersama anggota KPU lainnya, yakni Aprina Herawati dan Aslamiyah, secara berkelanjutan tampil sebagai pemateri/narasumber di hari pertama. Materi yang disampaikan antara lain demokrasi, pemilu dan partisipasi pemilih pemula serta kelembagaan KPU.

Siswa yang mengikuti kelas pendidikan pemilih pemula antusias dan penuh semangat dan berharap kegiatan yang sama dapat dilakukan dimasa yang akan datang. Kepala SMAN 1 Lubuk Sikaping, Rizka Khaira, S. Pd., M. Pd., saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kunjungan KPU Kabupaten Pasaman dan memberikan pendidikan pemilih bagi siswa Kelas XI. Pihak sekolah berharap kegiatan yang sama menjadi kegiatan rutin KPU untuk tahun-tahun selanjutnya dan pihak sekolah siap memfasilitasinya, ujarnya. Rizka juga berharap agar melalui kegiatan tersebut akan tertanam nilai-nilai demokrasi dalam jiwa siswa, dan dapat diaplikasikan langsung dilingkungan sekolah, khususnya saat pemilihan Ketua OSIS. Di samping itu juga akan memberikan kontribusi positif dalam membentuk karakter siswa menjadi pemilih yang cerdas, khususnya dalam menentukan pilihan saat dilangsungkan pesta demokrasi, baik pileg, pilpres maupun pilkada, tutupnya.

Kegiatan pendidikan pemilih pemula tersebut akan terus bergulir hingga akhir November 2016 dan diharapkan mencapai kuantitas yang maksimal. Kamis tanggal 17 November 2016 KPU Kabupaten Pasaman akan memberikan kelas pemilih dimaksud di SMAN 2 Lubuk Sikaping, pungkas Jajang.

Diakhir sesi Kelas Pemilu, ditampilkan kreativitas calon pemilih pemula dengan membuat yel-yel mengkampanyekan “say no to golput”.

You may also like...