DIALOG DEMOKRASI, KEPEMILUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DENGAN JAJARAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PASAMAN

Lubuk Sikaping – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman secara berkesinambungan menyelenggarakan mensosialisasikan hal-hal terkait kepemiluan terhadap sasaran-sasaran strategis mengingat keterbatasan waktu dan sumber daya. Selasa tanggal 22 November 2016, sosialisasi kepemiluan dengan fokus utama pendidikan pemilih, dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman.

Kepala kantor Kemenag. Kabupaten Pasaman, Abdel Haq, menyatakan bahwa Kemenag. menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan KPU dan siap memberikan kontribusi positif dalam rangka peningkatan kualitas pemilih. Menimbang hal tersebut maka Kemenag. memberikan kesempatan kepada KPU untuk memberikan materi terkait pendidikan pemilih, yang diselenggarakan disela-sela waktu rapat koordinasi dilingkungan kantor Kemenag. Kabupaten Pasaman.

dscf0957

Hadir dalam rapat tersebut yakni pejabat struktural dilingkungan Kemenag. Kabupaten Pasaman, Kepala KUA, koordinator wilayah, pengawas sekolah dan Kepala madrasah baik negeri maupun swasta se-Kabupaten Pasaman.

Ketua KPU Kabupaten Pasaman yang juga koordinator divisi Sosialisasi dan SDM, Jajang Fadli, dalam paparannya menyampaikan informasi tentang kegiatan KPU, antara lain proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan, pendidikan pemilih (khususnya pemilih pemula), dan pelayanan informasi publik bagi semua lapisan masyarakat yang membutuhkan data dan/atau informasi terkait kepemiluan sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Jajang Fadli juga menyampaikan harapan agar jajaran Kemenag. Kabupaten Pasaman dengan posisinya yang strategis, terus berkomitmen untuk terlibat dalam mewujudkan pemilih yang berkualitas dan menyiapkan calon pemimpin yang berkualitas pula. Mengingat kegiatan kemenag. cukup banyak yang bersentuhan dengan masyarakat, maka hal tersebut menjadi suatu peluang yang besar guna menggugah hati nurani masyarakat untuk bertanggungjawab dalam menyukseskan agenda-agenda negara, khususnya pemilihan anggota legislatif, presiden dan wakil presiden, kepala daerah provinsi dan kabupaten.

 

Pada sesi diskusi, berbagai pandangan, kritik dan saran serta pertanyaan disampaikan oleh peserta kepada narasumber. Jawaban yang diberikan narasumber pun dapat menambah wawasan dan pengetahuan para peserta. Sebelum kegiatan diakhiri, Kepala Kemenag. menyampaikan bahwa sebagi salah satu bentuk komitmen jajaran Kemenag. Kabupaten Pasaman terhadap perkembangan demokrasi, tahun 2017 akan diselenggarakan bimbingan teknis bagi Penyuluh Keagamaan yang jumlahnya 96 orang, KPU Kabupaten Pasaman akan diberikan kesempatan untuk memberikan materi demokrasi dan kepemiluan. Dalam negara yang berlandaskan Pancasila, demokrasi dan kepemiluan tidak bisa dilepaskan dari keagamaan, tutup Abdel Haq.

You may also like...