PEMDA KABUPATEN PASAMAN HIBAHKAN TANAH KEPADA KPU KABUPATEN PASAMAN

Lubuk Sikaping – Kamis, 1 Desember 2016 merupakan hari bersejarah bagi KPU Kabupaten Pasaman. Pada hari ini, bertempat di Media Center KPU Kabupaten Pasaman, dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Sekretaris Daerah, M. Saleh (mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman) dengan Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Jajang Fadli (mewakili KPU Kabupaten Pasaman). Hibah daerah tersebut berupa sebidang tanah seluas 1.066 m2, yang akan digunakan KPU Kabupaten Pasaman sebagai tempat membangun gedung baru yang representatif.

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini KPU Kabupaten Pasaman menempati gedung milik Pemda Kabupaten Pasaman yang berada dilingkungan Kantor Bupati Pasaman. Kondisi gedung yang ada sekarang dirasakan belum sesuai dengan semangat KPU untuk menjadi lembaga yang terbuka dan siap melayani kepentingan masyarakat terhadap KPU. Kondisi ruangan pun sangat terbatas dan tidak mampu mengakomodir kebutuhan KPU Kabupaten Pasaman dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya.

nphd-tanah

Kebutuhan gedung baru yang representatif menjadi hal yang mendesak bagi KPU Kabupaten Pasaman khususnya dalam mewujudkan lembaga penyelenggara pemilu dan pilkada yang mandiri dan profesional. Adanya gedung baru akan mampu meminimalisir anggapan sebagian masyarakat bahwa KPU merupakan bagian dari pemerintah daerah dan dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya akan diintervensi oleh kepala daerah, ujar Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Jajang Fadli. Apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya disampaikan Jajang kepada Pemerintahan Daerah Kabupaten Pasaman yang telah memberikan perhatian lebih bagi kemajuan KPU Kabupaten Pasaman dimasa yang akan datang.

 

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, M. Saleh, dalam sambutannya menyatakan bahwa meskipun dengan segala keterbatasan sumberdaya yang ada, namun Pemda Kabupaten Pasaman sangat mendukung dan menaruh harapan agar KPU Kabupaten Pasaman bisa segera memiliki gedung baru milik sendiri yang representatif. Meskipun saat ini Presiden Jokowi menerapkan kebijakan moratorium pembangunan gedung namun dengan adanya tanah dan kebutuhan yang mendesak, Pemda Kabupaten Pasaman yakin KPU Provinsi Sumatera Barat dan KPU RI akan mendukung untuk bisa direalisasikan pada kesempatan pertama.

 

Penandatanganan NPHD tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, DPPKA Kabupaten Pasaman (diwakili Kabid. Asset), Komisioner KPU Kabupaten Pasaman beserta sekretaris dan seluruh staf dilingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Pasaman, dan insan pers. Setelah ditandatanganinya NPHD dimaksud selanjutnya akan dilanjutkan dengan proses pensertifikatan oleh BPN Kabupaten Pasaman. (md)

You may also like...