BUPATI PASAMAN RESMIKAN PUSAT PELAYANAN INFORMASI PUBLIK KPU KABUPATEN PASAMAN

Lubuk Sikaping – Senin, 22 Mei 2017 bertempat di Kantor KPU Kabupaten Pasaman, Pusat Pelayanan Informasi Publik KPU Kabupaten Pasaman diresmikan penggunaanya oleh Bupati Pasaman yang didampingi oleh Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat dan Ketua KPU Kabupaten Pasaman. Peresmian ditandai dengan bunyi sirine dan kerlap-kerlip lampu yang menghiasi ruangan pelayanan publik KPU Kabupaten Pasaman.

peresmian PPID (1)

Acara peresmian juga dihadiri oleh SKPD terkait dilingkungan Pemda Kabupaten Pasaman dan Insan Pers.Dalam sambutannya, Bupati Pasaman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Bapak H. Saleh menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap KPU Kabupaten Pasaman yang telah mampu mewujudkan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Prestasi yang telah ditunjukkan oleh KPU Kabupaten Pasaman akan turut membangun kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Pasaman, khususnya terkait data dan informasi kepemiluan. Disamping itu juga diharapkan KPU Kabupaten Pasaman akan menjadi mitra strategis bagi Pemda Kabupaten Pasaman dalam mewujudkan visi dan misi, pungkasnya.

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, Arfitriati, dalam paparannya menyampaikan apresiasi kepada PPID KPU Kabupaten Pasaman yang sudah bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan publik, dan kedepan diharapkan mampu meningkatkan kualitasnya sehingga mampu menjadi yang terbaik, khususnya dilingkungan KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Arfitriati juga mengingatkan KPU Kabupaten Pasaman, khususnya PPID, agar selalu memastikan bahwa dokumen dan formulir yang dibutuhkan sesuai ketentuan yang berlaku selalu tersedia. Melaksanakan prinsip keterbukaan dalam memberi informasi dan menghindari budaya ketertutupan.

Adanya keterbukaan tersebut maka membuka ruang untuk masyarakat untuk kritis, oleh sebab itu PPID harus mampu memberikan pelayanan dengan ramah dan ikhlas. Untuk melaksanakan hal dimaksud dibutuhkan orang-orang yang profesional.

Komitmen KPU Kabupaten Pasaman dalam keterbukaan informasi publik berdampak positif dalam mewujudkan tahapan pemilu dan pemilihan kepala daerah yang berkualitas, tutupnya.

Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Jajang Fadli, dalam kesempatan terpisah menyatakan bahwa PPID Kabupaten Pasaman telah melaksanakan layanan informasi publik sejak 23 Juni 2015 sebagaimana diamanahkan keputusan KPU Kabupaten Pasaman nomor 24 Tahun 2015. Menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana yang memadai untuk ruangan pelayanan informasi publik merupakan rencana tindak lanjut (RTL) KPU Kabupaten Pasaman saat mengikuti bimbingan teknis pengelolaan dan pelayanan informasi publik tanggal 15 s.d. 17 Oktober 2015 di Bukittinggi yang diselenggarakan KPU Provinsi Sumatera Barat.

Peresmian ini juga rencananya akan dilakukan oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat namun beliau saat ini sedang melaksanakan tugas yang tidak bisa ditinggalkan. Ucapan terimakasih disampaikan kepada Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Wartawan yang telah menyempatkan hadir, ujarnya.

You may also like...